Pengobatan Sakit Kencing dengan Cara Mudah

Obat Sakit Kencing Alami Herbal dan Tradisional

Bunga air kecil terasa sakit sebaiknya untuk segera melakukan pengobatan. Untuk mengobati sakit kencing atau sakit saat buang air kecil bisa dilakukan dengan melakukan perawatan di rumah yang sederhana namun harus dilakukan secara rutin agar dapat membantu mengatasinya secara alami.

Jika memeriksakan diri ke ahli medis tentu akan diberikan resep obat sakit kencing yang secara khusus agar dapat menuntaskannya. Namun bila kondisinya masih ringan lakukan saja metode yang sederhana ini untuk mengatasinya dengan cara yang mudah.

Pengobatan Sakit Kencing dengan Cara Mudah

Langkah-langkah untuk dapat membantu menyembuhkan sakit kencing dapat dilakukan dengan cara yang sederhana berikut ini :

1. Memanfaatkan cuka aple

Cuka apel dapat membatu meringankan rasa sakit pada saat kencing. Selain itu juga dapat menghilangkan batu ginjal, mencegah pembentukan batu ginjal baru dan dapat mempermudah batu keluar dari tubuh secara alaminya.

Bila memang disekitar kita ada cuka apel misalkan di warung atau sudah tersedia di dapur tidak ada salahnya untuk mencoba.  Mengonsumsi dua sendok makan cuka apel sebelum tidur dapat membantu mengobati berbagai kesehatan di dalam tubuh.

Mengkonsumsi obat sakit kencing dari cuka apel sangat efektif digunakan bila sakit kencing itu disebabkan oleh penyakit batu ginjal atau batu saluran kemih yang memang khasiatnya mampu meluruhkan batu ginjal.

Namun perlu diingat penggunaan cuka apel harus dibatasi bila terminum terlalu banyak, dapat menyebabkan kadar kalium dan osteoporosis rendah sehingga dapat menimbulkan penyakit baru.

2. Mengambil khasiat dai jahe

Jahe efektif menghambat penyebaran bakteri karena memiliki kandungan gingerol di dalamnya. Buat saja minuman dari jahe dan minum secara rutin dipercaya dapat mengatasi beragam keluhan kesehatan pada tubuh. Jika sedang ada keluhan sakit kencing perlu juga diatasi dengan seduhan hangat dari jahe.

Minuman jahe efektif digunakan sebagai obat sakit kencing yang disebabkan oleh infeksi seperti infeksi saluran kemih. Bila memang sakit kencing yang dialami disebabkan oleh infeksi saluran kemih maka minum minuman jahe saja secara rutin setiap hari.

Faktor Penyebab Sakit Kencing

Salah satu rutinitas yang pasti dilakukan oleh setiap orang diantaranya ialah kencing atau buang air kecil, mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi. Kencing mengeluarkan air urine maka zat-zat sisa yang ada di dalam tubuih yang sudah tidak ada manfaatnya dibuang sehingga tubuh menjadi lebih sehat.

Karena memang kencing atau buang air kecil merupakan sistem metabolisme tubuh yang berguna untuk mengeluarkan zat-zat sisa yang ada di dalam tubuh. Namun tidak jarang seseorang dapat mengalami gangguan dalam masalah kencing salah satunya sakit kencing atau nyeri buang air kecil.

Umumnya gangguan sakit kencing sering dialami oleh kaum wanita, namun tidak sedikit pula kaum pria mengalaminya juga. Orang dewasa lebih sering mengalaminya, walau pun cukup jarang dialami oleh anak-anak tetapi kadang kala juga anak-anak dapat mengalami sakit kencing yang biasanya sifatnya ringan.

Penyebab sakit kencing bisa diakibatkan oleh berbagai penyebab baik pada wanita ataupun pada pria. Mengalami sakit kencing tentu menimbulkan kekhawatiran tersendiri, selain itu gejala sakit kencing juga bisa menjadi tanda-tanda dari penyakit tertentu.

1. Infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih salah satu penyebab yang umumnya menimbulkan gejala sakit kencing. Infeksi saluran kemih terjadi karena adanya bakteri atau kuman yang masuk ke dalam saluran kemih dan terjadi infeksi di dalamnya.

Sehingga gejala yang timbul dari infeksi pada saluran kencing menimbulkan gejala sakit kencing atau nyeri saat buang air kecil. Infeksi saluran kencing dapat dialami oleh wanita ataupun pria, namun wanita lebih sering mengalaminya.

2. Batu pada saluran kemih

Batu saluran kemih juga menjadi penyebab sakit kencing. Timbulnya batu di dalam saluran kemih terjadi karena adanya batu ginjal atau sedang mengalami batu ginjal yang kemudian terbawa oleh urin melewati saluran kemih namun pada saluran kemih batu menjadi tersumbat tidak keluar dan menimbulkan gejala sakit pada kencing.

3. Penyakit prostat

Penyakit prostat bisa menjadi penyebab sakit kencing pada pria. Gangguan prostat ini hanya dialami oleh pria saja karena memang organ prostat hanya dimiliki oleh pria saja dan tidak ada pada wanita.

Pada diri seorang organ prostat dapat mengalami berbagai gangguan salah satunya pembengkakan prostat. Gejala yang biasanya terjadi pada pembengkakan ialah sakit disaat kencing dan juga susah kencing, selain itu ada juga gejala-gejala lainnya.

Selain oleh beberapa penyakit di atas yang menyebabkan sakit kencing, ada beberapa penyakit lainnya juga yang sama dapat menimbulkan gejala sakit kencing.

Apapun yang menjadi penyebabnya, tentu pengobatan harus dilakukan. Metode pengobatan yang dilakukan bisa bermaca-macam, biasanya disesuaikan dengan sumber dari penyebab utamanya.

Secepat untuk segera mengobati sakit kencing sebelum kondisinya menjadi kronis dan lebih parah lagi. Mencegah sidini mungkin tentu lebih baik dari pada membiarkannya yang kemudian nantinya bisa berkomplimasi menjadi kondisi yang lebih serius lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *